PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

Perangkat keras komputer tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak. Perangkat lunak pun akan berfungsi jika instruksi-instruksi tertentu telah diberikan kepada perangkat lunak tersebut. Instruksi-instruksi tersebut dibuat oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras komputer.

Ada 3 macam jenis perangkat lunak, yaitu sebagai berikut :
a. Perangkat lunak sistem operasi (operating system), yaitu program yang ditulis unuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer. Contoh perangkat lunak sistem operasi, yaitu Windows, UNIX, LINUX, dan VMS .
b. Perangkat lunak bahasa (language software), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer.
Contoh perangkat lunak bahasa, yaitu Visula Basic, Delphi, dan C++.
c. Perangkat lunak aplikasi, yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh softwere house yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya umum atau standar. Contoh perangkat lunak aplikasi, yaitu Microsoft Word yang digunakan untuuk membuat suatu dokumen dan MIcrosoft Exel yang digunakan untuk
mengolah data berupa angka-angka atau grafik.


1.CARA MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK APLIKASI

Sebelum menggunakan perangkat lunak aplikasi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar perangkat lunak anda aktif. Apabila perangkat lunak aplikasi anda belum terpasang, langkah pertama yang harus anda lakukan, yaitu meng-install-nya terlebih dahulu.
Cara meng-install-nya, yaitu dengan memasukkan CD software aplikasi, kemudian klik Start-Run-Browse. Pada kotak lok in pilih drive CD-ROM dan cari file setup.exe. Kemudian, klik open. Selanjutnya, klik OK, maka proses peng-install-an program aplikasi dimulai. Ikuti langkah-langkah pada proses peng-install-an tersebut.
Perlu Anda ketahui, dalam CD Microsoft Office terdapat program aplkisai Ms Word, Ms Exel, Ms Accsess, Ms Power Point, Ms Front Page, dan Ms Outlook. Hal ini berarti, sekali Anda meng-install Microsoft Office secara Full package, (paket penuh), otomatis semua program aplikasi tersebut akan ter-install.
Setelah program aplikasi Anda ter-install, klik Start-All Program, kemudian pilih ikon program aplikasi Anda.

0 komentar